License

Selamat membaca catatan ini, semoga dapat bermanfaat buat anda para pembaca.

ALAT REPRODUKSI LUAR (GENETALIA EKSTERNA)

Jumat, 20 Mei 2011


Alat reproduksi luar adalah alat reproduksi yang dapat dilihat dari luar ketika wanita dalam posisi litotomi. Fungsi khusus alat reproduksi luar yaitu untuk kopulasi / koitus (hubungan seksual).

Mons Veneris adalah bagian yang menonjol yang terdiri dari jaringan lemak dan menutupi bagian depan symphisis pubis  yang ditumbuhi oleh rambut kemaluan (pubes) pada wanita yang beranjak dewasa.

Labia Majora (bibir besar kemaluan) adalah bagian kanan dan kiri berbentuk lonjong yang merupakan lanjutan dari mons veneris, biasanya juga ditumbuhi rambut kemaluan.

Labia Minora (bibir kecil kemaluan) adalah suatu lipatan tipis dari kulit bagian dalam labia majora yang berwarna merah jambu.

Klitoris (kelentit) adalah bagian yang identik dengan penis pada laki-laki, besarnya kira-kira seperti kacang hijau sampai cabe rawit dan ditutupi oleh frenulum klitoris. klitoris merupakan jaringan erektil yang sangat sensitif karena terdapat serabut syaraf.

Vulva adalah bagian alat kandungan luar yang berbentuk lonjong mulai dari atas yaitu klitoris dan bagian kanan kiri dibatasi bibir kecil, sampai ke bawah dibatasi oleh perineum.

Vestibulum merupakan rongga yang pada anterior dibatasi oleh klitoris, sebelah lateral dibatasi labia minora kanan dan kiri, dan pada dorsal dibatasi oleh fourchet. Di sini terdapat kelenjar vestibuli major (kelenjar Bartholini) dan kelenjar vestibuli minor.

Orifisium Uretra Eksterna (lubang kemih) adalah lubang yang terletak di bawah klitoris yang merupakan tempat keluarnya air kemih. Pada bagian kanan dan kiri orifisium uretra eksterna terdapat lubang kelenjar skene.

Introitus Vagina adalah lubang pintu masuk ke vagina.

Hymen (selaput dara) adalah selaput yang menutupi introitus vagina. Biasanya hymen ini berlubang dengan bentuk yang berbeda-beda yaitu : semilunaris (bulan sabit), anularis, tapisan, dan septata. Konsistensinya pun berbeda-beda dari yang kaku sampai yang lunak sekali. Hymen akan robek pada saat hubungan seksual apalagi setelah bersalin. Hiatus hymenalis (lubang selaput dara) biasanya hymen berlubang sebesar ujung jari hingga getah dari genetalia interna dan darah haid dapat keluar. Hymen yang bersisa setelah melahirkan disebut karunkula hymenalis. Bila hymen tidak berlubang disebut atresia hymenalis atau hymen imperforata.

Perineum terletak dia antara vulva dan anus.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

About Me

Foto Saya
Khomsa K Maqsuroh
Saya wanita biasa yang masih sangat fakir dalam berilmu.
Lihat profil lengkapku

Pengikut

© 2010 Catatan Osha Meishin Design by Dzignine
In Collaboration with Edde SandsPingLebanese Girls